SOP SURAT MUTASI SISWA KELUAR
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1 |
Dasar hukum pelayanan |
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (PP) no. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, pasal 71, 73, dan 81. |
2 |
Persyaratan pelayanan |
1. Surat Permohonan Mutasi Siswa Keluar oleh Orang tua. 2. Surat Keterangan/Pernyataan diterima di Sekolah tujuan. 3. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari SMP Negeri 3 Majenang. 4. Menyelesaikan urusan administrasi di SMP Negeri 3 Majenang. 5. Mengisi dan menyampaikan formulir permohonan. |
3 |
Sistem Mekanisme dan Prosedur |
1. Pemohon mengisi blanko dan menyerahkan kelengkpan persyaratan kepada petugas. 2. Petugas menerima dan mengarsipkan permohonan. 3. Petugas melakukan verifikasi dan validasi kelengkapan persyaratan yang telah ditetepkan sesuai dengan data-data yang valid. 4. Petugas membuat draft surat mutasi siswa keluar untuk selanjutnya .diparaf dan meneruskan kepada Kepala Sekolah untuk mendapatkan persetujuan. 5. Kepala Sekolah menerbitkan surat mutasi siswa keluar. 6. Petugas menyerahkan surat mutasi siswa keluar. 7. Pemohon menandatangani bukti tanda terima surat mutasi siswa keluar. |
4 |
Waktu Pelayanan |
60 menit (jika syarat terpenuhi) |
5 |
Biaya pelayanan |
Nol Anggaran / Gratis |
6 |
Produk Pelayanan |
Surat Mutasi Siswa Keluar |
7 |
Sarana, Prasarana/Fasilitas |
Ruang Tunggu yang Nyaman, Parkir luas, Toilet, Kotak saran, Pelayanan Informasi |
8 |
Kompetensi Pelaksana |
1. Pendidikan SMA, DIII dan S1 2. Memahami Peraturan Perundang-undangan/pedoman/juknis yang berlaku 3. Mampu mengoperasikan Komputer |
9 |
Pengawasan Internal |
Kepala SMP Negeri 3 Majenang |
10 |
Penanganan pengaduan, saran dan masukan |
Pengaduan , saran dan masukan dapat disampaikan secara langsung dengan mendatangi kantor SMP Negeri 3 Majenang ataupun melalui website smpn3majenang.sch.id |
11 |
Jumlah Pelaksana |
Jumlah Pelaksana Permohonan Surat Mutasi Keluar sebanyak 3 orang |
12 |
Jaminan Pelayanan |
Pelayanan diberikan dengan cepat, bertanggung jawab dan ramah |
13 |
Jaminan Keamanan dan Keselamatan |
1. Jaminan pelayanan bebas pungli / gratis |