SOP LAYANAN PIP
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1 |
Dasar hukum pelayanan |
– |
2 |
Persyaratan pelayanan |
1. Pemohon adalah Peserta Didik yang masuk di SK Pemberian pada Sistem (https://pip.kemdikbud.go.id/) 2. Pemohon adalah Peserta Didik yang masuk di SK Nominasi pada Sistem (https://pip.kemdikbud.go.id/) 3. Foto copy KK, KTP, Slip Pengambilan yang di tanda tangani Orang Tua, Surat Keterangan Aktif Sekolah (untuk pencairan PIP) 4. Foto copy KK, KTP, Formulir aktivasi dari Bank, Surat Keterangan Aktif Sekolah (untuk aktivasi) |
3 |
Sistem Mekanisme dan Prosedur |
1. Petugas menerima lengkap dokumen pendukung 2. Petugas membuat surat keterangan siswa dari sekolah sebagai kelengkapan berkas untuk proses Bank. 3. Orang tua Siswa membawa berkas ke Bank untuk proses pencairan 4. Untuk Pengusulan baru, Petugas menginput perubahan data pada Aplikasi Dapodik menjadi siswa siap menerima PIP dan memilih alasan pengajuan 5. Petugas melakukan syncronisasi aplikasi Dapodik. 6. Petugas mengecek pada https://pip.kemdikbud.go.id/ untuk melihat daftar penerima PIP dan menunggu uprove dari pusat. 7. Apabila sudah di uprove kemudian Peserta didik melakukan Proses Aktivasi dan Pencairan. |
4 |
Waktu Pelayanan |
15 Menit (jika syarat terpenuhi) |
5 |
Biaya pelayanan |
Nol Anggaran / Gratis |
6 |
Produk Pelayanan |
Nama produk layanan tersebut adalah Pelayanan Program Indonesia Pintar (PIP) |
7 |
Sarana, Prasarana/Fasilitas |
Ruang Tunggu yang Nyaman, Parkir luas, Toilet, Kotak saran, Pelayanan Informasi |
8 |
Kompetensi Pelaksana |
1. Pendidikan S1 dan D3 2. Memahami Peraturan Perundang-undangan / pedoman / Juknis yang berlaku. 3. Mampu mengoperasikan Komputer |
9 |
Pengawasan Internal |
Kepala SMP Negeri 3 Majenang |
10 |
Penanganan pengaduan, saran dan masukan |
Pengaduan , saran dan masukan dapat disampaikan secara langsung dengan mendatangi kantor SMP Negeri 3 Majenang ataupun melalui website smpn3majenang.sch.id |
11 |
Jumlah Pelaksana |
Jumlah Pelaksana Pelayanan Program Indonesia Pintar (PIP) sebanyak 3 orang |
12 |
Jaminan Pelayanan |
Pelayanan diberikan dengan cepat, bertanggung jawab dan ramah |
13 |
Jaminan Keamanan dan Keselamatan |
1. Jaminan pelayanan bebas pungli / gratis |